2/09/2009

Indahnya Wudhu

Dalam menjalani roda kehidupan ini, banyak di antara kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya disetiap apa yang diperintahkan agama itu sangat kompleks dengan keajaiban dan hikmah yang tersembunyi, Salah satunya adalah wudhu.
Wudhu merupakan pekerjaan yang kelihatannya sepele, tapi mempunyai pengaruh sangat besar di samping tidak menjadikan salat kita sah tanpa wudhu. Rasulullah saw. pernah bersabda kepada para sahabat: Apabila anda tidur dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan mengatakan 'Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'". (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.).
Sejalan dengan hadis di atas, Imam Al Ghazali mengatakan dalam kitabnya Ihya Ulumuddin, ada hal-hal yang harus kita telaah saat berwudhu. 1. Ketika berkumur, berniatlah kamu dengan, "Ya Allah ampunilah dosa mulut dan lidahku”, ini berarti bahwa kita selalu memohon perlindungan dari perkataan yang tidak ada manfaatnya. 2. Ketika membasuh muka, berniatlah kamu dan berdoa, "Ya Allah, putihkanlah mukaku di akhirat kelak, Janganlah Kau hitamkan muka ku ini". Berarti kita memohon wajah kita bercahaya saat yang lain kegelapan di akhirat kelak. 3. Ketika membasuh tangan kanan, berniatlah kamu dengan, "Ya Allah, berikanlah hisab-hisab ku di tangan kanan ku ini". Berarti ahli syurga menerima buku amal dengan tangan kanannya. 4. Ketika membasuh tangan kiri, berdoalah kamu dengan, "Ya Allah, janganlah Kau berikan hisab-hisabku di tangan kiriku ini". Kita berharap tidak termasuk ahli neraka. 5. Ketika membasuh kepala, berniatlah kamu dengan,"Ya Allah, lindungilah daku dari terik matahari di padang Masyar dengan ArasyMu". Padang Mahsyar adalah hari-hari semua ummat manusia dikumpulkan. 6. Ketika membasuh telinga, berniatlah kamu dengan,"Ya Allah,ampunilah dosa telinga ku ini". Memohon perlindungan dari suara-suara yang menimbulkan kemadharatan. 7. Ketika membasuh kaki, berniatlah kamu dengan."Ya Allah, permudahkanlah aku melintasi titian Siratul Mustaqqim". Memohon kelancaran ketika menyebrangi Shiratul Mustaqim. Demikian dahsyatnya doa-doa yang diajarkan Nabi kepada ummatnya, maka pantaslah malaikat mendoakan kita.
Wudhu adalah ritual penyucian yang mengutamakan unsur kesehatan. Bagian-bagian yang dibasuh merupakan titik-titik penting peremajaan tubuh. Dilain pihak juga merupakan pintu masuk bagi ribuan kuman, virus, bakteri, dan bibit penyakit lainnya.
seorang ahli refleksologi mengatakan bahwa ada 61 daru 65 titik refleksi Cina tersebar di seluruh bagian tubuh yang dilewati air wudhu, adapun yang lainnya terdapat di tumit dan lutut yang hal ini merupakan anggota wudhu yang tidak diwajibkan. Sistem metabolisme tubuh manusia terhubung dengan jutaan syaraf yang terdapat di kulit. Dalam dunia pengobatan modern sistem pengguyuran air ke kulit disebut hydromassage atau disebut pijatan air.
Ketika membasuh wajah, air akan memberikan efek positif pada syaraf, usus, saraf dan proses reproduksi, Membasuh kaki kiri berefek positif pada kelenjar pituitari, otak yang mengatur fungsi-fungsi kelenjar endokrin (kelenjar yang bertugas mengatur pengeluaran hormon dan mengendalikan pertumbuhan). Di telinga terdapat ratusan titik biologis yang akan menurunkan tekanan darah.
Perkembangan dunia medis yang sangat pesat ini, menuntut kita untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dalam menyembuhkan sebuah penyakit yang sedang kita alami. Namun jangan salah sangka dulu, al Quran merupakan dokter yang sudah lama mengajarkan kita. Adalah Mokhtar Salim seorang ahli medis yang menulis buku Prayers: a Sport for the Body and Soul menjelaskan bahwa wudlu bisa mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini lebih banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Resiko ini dapat diantisipasi dengan cara membersihkannya secara rutin, berwudhu adalah cara yang lebih dari cukup. Selain itu berwudhu merupakan peremajaan terhadap kulit yang membantu mencegah terjadinya keriput.
Masih banyak khasiat dari wudhu yang tidak akan cukup untuk dituliskan disini. Yang terpenting adalah kita menyadari bahwa al Quran adalah dokter yang telah mengajarkan umat manusia selama berabad-abad dan tidak pernah salah. Sebagai seorang muslim, marilah kita budayakan wudhu dalam kehidupan sehari-hari.

dimuat di Buletin kampus "Dzulfikar"

Tidak ada komentar: